Marak Warga Berwakaf, Pemprov Sumsel akan Akomodir Lewat BWI

Web Hosting
PALEMBANG -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumsel, H Hambali mengungkapkan, perkembangan zaman tak serta merta membuat warga meninggalkan kegiatan. Justru membangun kesadaran untuk berbagi.

"Kini wakaf sudah menjadi kebiasaan masyarakat yang mampu di Sumsel. Mereka mendapatkan nilai-nilai ibadah dari mewakafkan beberapa harta mereka," kata Hambali saat bertemu Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman di Kantor Gubernur, Rabu (4/2).

Keinginan banyak warga untuk melakukan ibadah wakaf pun terkadang tidak terakomodir dengan baik. Hambali pun mengajak Pemprov Sumsel untuk membentuk Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sumsel yang yang telah ada di beberapa daerah.

"Masyarakat yang berwakaf selama ini memang berniat. Kami berusaha mengakomodir dan memprogram keperluan orang untuk berwakaf agar mempunyai tempat yang pas, makanya diinisiasi sebuah BWI," ujar Hambali.

Program yang akan dilaksanakan pihaknya nanti, lanjut Hambali akan mensosialisasikan, menghimpun, serta menampung dana maupun barang wakaf melalui bank yang diajak bekerjasama nanti. Kemudian dikelola dan dikembangkan.

"Wakaf ini beda dengan zakat. Kalau zakat itu wajib sesuai rukun Islam. Sedangkan wakaf adalah sunnah dan siapapun bisa melakukannya dengan kemampuan yang berbeda. Kalau wakaf ditujukan untuk meningkatkan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat rasanya akan lebih baik," jelasnya.

Asisten III bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Sumsel, Ahmad Najib mengatakan, pemerintah mendorong terbentuknya lembaga yang mengelola dan menghimpun warga untuk berwakaf, bertujuan mempercepat kesejahteraan masyarakat di Sumsel.

"Selama ini yang kita ketahui jika orang ingin berwakaf, maka sasarannya masih terserah. Belum tahu mau dikasihkan ke siapa saja dan pemanfaatannya seperti apa. Kita mendukung Badan Wakaf agar bisa memprogram dan menampung orang-orang yang ingin berwakaf," tambah Najib [sumber]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Marak Warga Berwakaf, Pemprov Sumsel akan Akomodir Lewat BWI"

Post a Comment