Gerakan Wakaf Sarana Pendidikan

Web Hosting
CIBEUREUM (GM) - Kualitas pendidikan anak Indonesia masih terpuruk. Salah satu indikatornya, 50% anak tidak tamat SMP. Krisis ekonomi yang mendera negeri ini semakin menyulitkan rakyat Indonesia untuk memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Dampak dari kondisi tersebut, banyak anak sekolah dan mahasiswa kesulitan dalam membiayai pendidikannya.

Kemiskinan yang mengakibatkan tidak optimalnya pendidikan umat harus dientaskan. Salah satu upaya strategis untuk meningkatkan tingkat pendidikan umat Islam tersebut melalui gerakan wakaf sarana pendidikan. Hal tersebut dicetuskan konsultan wakaf, Mamat Ruhimat di Bandung, Selasa (7/1).

Ia berpendapat, Islam punya solusi yang ampuh untuk gerakan pemberdayaan umat melalui pendidikan. "Salah satunya dengan mendayagunakan wakaf secara produktif. Disebut produktif, karena dana wakaf digunakan (diinvestasikan) untuk membiayai usaha-usaha produktif, sedangkan hasilnya diperuntukkan bagi kepentingan sosial-ekonomi umat, seperti beasiswa pendidikan. Dalam sejarah, wakaf memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, dan kepentingan keagamaan," paparnya.

Dijelaskan, salah satu bentuk wakaf produktif yang sangat populer dan banyak dikembangkan saat ini adalah cash wakaf (wakaf uang tunai). "Di negara-negara Islam di Timur Tengah, kegiatan wakaf tunai itu sudah berkembang. Di Indonesia pun potensi mengembangkan wakaf produktif sangat besar, mengingat bank-bank syariah maupun rumah wakaf yang profesional telah muncul. ," paparnya.

sumber: http://www.klik-galamedia.com/gerakan-wakaf-sarana-pendidikan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gerakan Wakaf Sarana Pendidikan"

Post a Comment