Ratusan Warga NU Terima Waqaf Alquran

Web Hosting
Liputan6.com, Jepara : Menjelang peringatan Malam Nuzulul Quran, ratusan warga berkumpul di Universitas Nahadatul Ulama (Unisnu) Jepara, Jawa Tengah, untuk menerima wakaf Alquran dari Asia Pulp & Paper (APP). Acara wakaf melalui Gerakan Pemuda Anshor itu dihadiri Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Jumat (26/7/2013).

“Kami berharap dengan adanya wakaf Al Quran ini dapat menumbuhkan dan memperkuat aspek religi serta keimanan kaum muslimin terutama dalam bulan Ramadhan ini,” ujar Direktur Corporate Affairs and Communications APP Suhendra Wiriadinata.

Ia menjelaskan tahun ini APP telah berkomitmen mewakafkan 100 ribu mushaf Alquran sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Program Wakaf Quran secara rutin telah dilaksanakan oleh APP sejak 5 tahun lalu dengan total Alquran yang dibagikan mencapai sekitar 65.000 mushaf Al Quran.

Selain itu, Suhendra menambahkan dalam memproduksi Alquran APP selalu mengedepankan prinsip Islami. Mulai dari penyiapan naskah, pengadaan kertas hingga pencetakannya. Termasuk, bahan baku Alquran yang dipastikan dari sumber yang halal dan telah disertifikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Gita Wirjawan yang hadir dalam acara itu menyambut baik wakaf Alquran tersebut.

“Kita patut bersyukur ada produk dalam negeri yang berkualitas dan memiliki nilai tambah seperti QPP ini. Saya juga berharap wakaf ini dapat membantu terpenuhinya akses pada Al Quran di berbagai lapisan masyarakat,” papar Gita Wirjawan.

Sebagai Negara dengan penduduk Islam terbanyak di dunia, Indonesia memiliki kebutuhan kitab suci Al Quran yang sangat besar. Kementerian Agama memperkirakan kebutuhan itu mencapai 2 juta mushaf per tahun pada tahun 2011. Namun, hingga kini pencetakan secara nasional baru bisa memenuhi sekitar 50 ribu – 60 ribu mushaf saja.

Al Quran yang diwakafkan menggunakan kertas Quran Paper (QPP) dengan merek Sinartech produksi dari PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk – Tangerang Mill yang berkualitas tinggi, bersertifikat halal dari MUI serta telah diekspor ke berbagai negara. Indah Kiat Tangerang Mills adalah salah satu unit usaha APP. Al Quran ini juga dicetak khusus melalui kerjasama APP dan Pengurus Besar Nahdalatul Ulama (PBNU) sebagai wujud komitmen kepedulian APP atas kebutuhan umat Islam Alquran yang terjangkau dan berkualitas. Kertas jenis ini telah diproduksi di PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk-Tangerang Mills sejak 9 tahun lalu.

Sekitar 80-90 persen produksi kertas ini diserap pasar internasional terutama negara-negara Timur Tengah antara lain Mesir, Turki, Suriah, Lebanon yang merupakan pusat percetakan Al Quran bagi seluruh dunia. Hal itu juga membuktikan bahwa Sinartech, kertas produksi dari Tangerang Selatan berhasil menembus pasar global. Total produksi Sinartech mencapai 12.000 ton per tahun dengan nilai penjualan mencapai sekitar US$ 12 juta atau setara Rp 123 miliar. (Adi)

Sumber :http://ramadan.liputan6.com/read/650055/ratusan-warga-nu-terima-waqaf-alquran

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ratusan Warga NU Terima Waqaf Alquran"

Post a Comment