Inilah Manfaat Kepemilikan Kartu Anggota Wakaf Produktif Al Azhar

Web Hosting
JAKARTA (Wakaf Al-Azhar) - Masjid berpotensi menjadi pionir kemajuan dakwah dan kemakmuran  ekonomi masyarakat. Berbagai manfaat yang diperoleh masjid melalui kerjasama Kartu Anggota Wakaf Produktif Al-Azhar (KAWPA)  memliiki beberapa potensi, diantaranya: Masjid memiliki peran maksimal dalam pelayanan terhadap jamaah, khususnya dalam pelayanan jenazah melalui sinergi kartu wakaf kematian yang dikelola bersama oleh Wakaf Al-Azhar dengan Masjid.

Selain itu, masjid berkesempatan menjadi pusat kebangkitan ekonomi masyarakat melalui potensi-potensi usaha yang ditawarkan Wakaf Al-Azhar. Bukan hanya itu, masjid dapat memiliki saham perkebunan dan profitnya yang besar. Dari dana yang dihasilkan itu, masjid memiliki dana operasional untuk mengadakan kegiatan kemasjidan.

Lebih lanjut, masjid ikut berkontribusi menebus kembali Indonesia yang tergadai melalui perkebunan (60% perkebunan Indonesia dikuasai Asing, 30% dikuasai swasta, dan hanya 10% yang dimiliki rakyat yang hanya bisa dijual murah karena dari hulu ke hilir dikuasai asing dan swasta).

Melalui kerjasama ini, masjid mendapatkan Ujroh dan dana Wakaf Kematian untuk dikelola Masjid melalui Baitul Mal Masjid yang akan didirikan oleh masjid dibawah koordinasi Wakaf Al Azhar (detail disampaikan dalam pertemuan).

Keistimewaan lain, masjid memiliki dana pengelolaan yang memadai untuk pemeliharaan masjid. Diharapkan masjid lebih mandiri. “Ketika jama’ah bersedekah melalui masjid, maka hal itu merupakan kebutuhan jama’ah untuk memenuhi perintah Allah, bukan semata-mata kebutuhan masjid untuk mengumpulkan dana,” kata Direktur marketing Wakaf Al Azhar, Hendra Yuliano.

Selanjutnya, masjid dapat memberikan dana pendidikan secara berkesinambungan, terutama kepada Imam Masjid dan calon regenerasinya.  Masjid juga diharapkan memiliki fasilitas web-replika untuk memperluas jaringan dan layanan diseluruh nusantara.

Manfaat Bagi Jama’ah
Adapun Program Wakaf Kematian ini dirancang untuk membantu masjid memberikan manfaat terbaik dan terlengkap bagi jamaahnya untuk kemaslahatan dunia akhirat para jamaahnya. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

Bekerjasama dengan Wakaf Al-Azhar, masjid menyediakan Kartu Wakaf Kematian kepada jamaahnya untuk mendapatkan fasilitas layanan dan manfaat  berupa:

Pertama, memberikan diskon di beberapa kemitraan Wakaf Al Azhar, antara lain : Toko Buku Walisongo (10%), Genni Kurir (10%), Andreu’s Cafe & Restaurant (10%), Butik Bilqis (10%), Hotel Horison Solo (30%), dan merchant lainnya yang sedang dalam proses kerjasama.

Kedua, memberi bantuan penggantian biaya perawatan (Rawat Inap) Rumah Sakit karena Kecelakaan hingga Rp. 3.000.000,- ( tiga juta Rupiah ) per tahun. (reimburs)

Ketiga, memberi layanan pengurusan jenazah (mulai dari memandikan jenazah, Ambulance Jenazah, biaya penguburan dan biaya snack serta air mineral untuk tahlilan (bagi nahdhiyin) selama tiga hari serta bingkisan untuk ustad).

Keempat mengantarkan jenazah dengan Ambulance ke kampung halaman, dari Pulau Jawa hingga Madura. Layanan ini diberikan bagi pemegang kartu yang meninggal dunia karena kecelakaan.

Kelima, melalui manfaat Kartu Wakaf Kematian, ketika jama’ah meninggal maka secara otomatis dicatatkan Wakaf atas nama pemegang kartu untuk diproduktifkan oleh masjid sehingga memberikan manfaat yang luas bagi jama’ah dan lingkungannya.

Sebagian lagi diproduktifkan oleh Wakaf Produktif Al Azhar yang akan digunakan untuk pemberian beasiswa bagi putra/i terbaik bangsa hingga Perguruan Tinggi dan Insya Allah mengirim da’i-da’i ke seluruh penjuru Nusantara. Dengan program ini maka jama’ah insya Allah memiliki amal jariyah berupa wakaf produktif yang pahalanya terus mengalir selamanya. Aamiin. Manfaat lainnya adalah jamaah mendapatkan Layanan Konsultasi Wakaf melalui Masjid secara lebih maksimal.

Manfaat Bagi Masyarakat
Adapun manfaat bagi masyarakat dari kepemilikan Kartu Anggota Wakaf Produktif Al-Azhar (Kartu Wakaf kematian), diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan bagi masyarakat sehingga dapat menopang kehidupan mereka, misalnya dengan membentuk Unit Usaha melalui masjid dan Wakaf Al Azhar.

Selanjutnya, dapat membantu masyarakat terhindar dari jeratan rentenir/bank keliling. Juga membantu masyarakat mendapatkan akses pembiayaan modal usaha dan kebutuhan lainnya yang sangat urgent dari Baitul Mal Masjid. Dai-dai dibawah binaan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar dan Putra-putri terbaik Indonesia, selanjutnya diberikan beasiswa oleh Wakaf Al Azhar sampai dengan perguruan tinggi.
[Adhes Satria]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Manfaat Kepemilikan Kartu Anggota Wakaf Produktif Al Azhar"

Post a Comment