Wakaf Tunai Bakal Dikembangkan di Jabar

Web Hosting
INILAH.com, Bandung - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama Jabar Saeroji mengatakan pihaknya akan mengembangkan wakaf tunai. Hal tersebut diharapkan mempermudah masyarakat dalam berwakaf.

"Wakaf tunai akan dikembangkan untuk mempermudah masyarakat," ujarnya kepada wartawan, Rabu (2/1/2012).

Dia menjelaskan wakaf tunai juga memudahkan pihak pengelola wakaf. Pemanfaataan wakaf tunai juga lebih terkontrol karena sifat uang yang dinilai fleksibel.

Dia menuturkan wakaf tunai juga bisa meminimalisasi konflik dengan ahli waris. Hal tersebut berbeda dengan wakaf konvensional seperti wakaf tanah sering menimbulkan sengketa. "Wakaf tunai akan memudahkan khususnya masyarakat perkotaan yang semakin sulit mewakafkan tanahnya," bebernya.

Menurutnya, wakaf dan zakat memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Modal wakaf harus bernilai tetap sedangkan modal zakat bisa dihabiskan. "Meski boleh dimanfaatkan namun nilai wakaf itu harus tetap tidak boleh berkurang," ucapnya.

Untuk tahap awal, Saeroji akan menerapkan wakaf tunai pada pegawai Kanwil Kemenag Jabar. Nnatinya penerapan di lingkungan internal itu akan berlanjut melalui kegiatan sosialisasi wakaf tunai kepada masyarakat.

Dia juga akan mengandalkan keberadaan Badan Wakaf Indonesia (BWI) untuk mengoptimalkan wakaf tunai. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan pelaku perbankan dalam kegiatan pengelolaan wakaf tunai.

"Mudah-mudahan tahun ini wakaf tunai akan mulai disosialisasikan," pungkasnya.[jul]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wakaf Tunai Bakal Dikembangkan di Jabar"

Post a Comment