Produktifkan Lahan Wakaf, TWI Gandeng Mitsubishi Electric

Web Hosting
Tabung Wakaf Indonesia (TWI) Dompet Dhuafa menggandeng PT Mitsubishi Electric untuk memproduktifkan lahan wakaf. Bertempat di lahan wakaf seluas 1,5 hektar Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul Bogor, kegiatan perdana penanaman 1.000 pohon sengon telah dilaksanakan pada 3 November 2012 lalu. Jumlah ini adalah aktivitas perdana dari total target 4.000 pohon sengon yang akan ditanam.

Dalam acara penanaman tersebut, hadir Presiden Direktur PT Mitsubishi Electric, Hitoshi Nagano, beserta sekitar 300-an jajaran direksi, manajemen dan karyawan. Dari pihak TWI, hadir jajaran staf, manajemen dan Direktur TWI, Urip Budiarto.

Nagano menyampaikan bahwa dukungan program ini merupakan bagian dari komitmen Corporate Social Responsibility (CSR) PT Mitsubishi Electric yang memang fokus pada upaya-upaya pelestarian lingkungan. Dalam bingkai program “EcoChanges”, sinergi penanaman sengon merupakan aktivitas goes green ketiga setelah tahun lalu menanam pohon mangrove di kawasan pantai Muara Kapuk, Jakarta Utara. Dalam setiap acara, karyawan juga selalu dilibatkan dalam upaya meningkatkan kepedulian dan menambah keakraban.

Di sisi lain Urip menambahkan, proyek penanaman sengon ini berusaha memberikan nilai tambah atas lahan wakaf yang dikelola. Dengan kontur lahan wakaf yang bertebing, tidak strategis dan bersifat kritis, tentu tidak banyak opsi yang tersedia untuk membuat lahan wakaf ini produktif. Proyek ini merupakan proyek sengon kedua setelah penanaman 4.000 pohon sengon di kawasan Jonggol Bogor pada Februari 2012 lalu.

“Sengon dipilih sebagai jenis pohon terbaik mengingat mampu tumbuh di lahan kritis, pemeliharaan mudah serta jenis kayu industri yang cukup banyak dibutuhkan. Di tahun ke-5, pohon dewasa dapat ditebang. Setelah dikurangi biaya penanaman kembali, keuntungan dapat didayagunakan untuk membantu program sosial bagi dhuafa. Jadi, selain menghijaukan, lahan wakaf ini sekarang juga akan menghasilkan. Kami berterima kasih atas dukungan PT Mitsubishi Electric”, jelas Urip.

Selain donasi penanaman pohon, pada kesempatan ini juga dilakukan simbolis penyerahan donasi dari PT Mitsubishi Electric untuk RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa dan Posyandu Desa Bojong Koneng.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Produktifkan Lahan Wakaf, TWI Gandeng Mitsubishi Electric"

Post a Comment