BWI Kota Padang Panjang akan menggalakkan Pengelolaan Wakaf Produktif

Web Hosting

Padang Panjang (Sumbar), BAKINNews - Badan Wakaf Indonesia (BWI) perwakilan Kota Padang Panjang akan menggalakkan pengelolaan wakaf produktif, untuk dapat dikelola bagi kemaslahatan umat di daerah itu.

Karena belum terkelolanya wakaf yang diserahkan olah masyarakat. "Selama ini wakaf yang diberikan masyarakat belum terkelola untuk bisa diproduktifkan, sehingga kondisi itu memotivasi kita untuk menggalakkan wakaf produktif di Kota Padang Panjang," kata Ketua BWI Perwakilan Kota Padang Panjang Nasrullah Nukman saat melakukan sosialisasi BWI Perwakilan Padang Panjang di Rumah Makan Pak Datuk Silaing Bawah.

 Dikatakannya, peran dan fungsi wakaf sebagai instrumen pengembangan ekonomi umat sangat besar manfaatnya. Tapi pengembangan wakaf produktif di Indonesia kurang dimaksimalkan dengan benar. Akibatnya pengembangan dana wakaf di Indonesia ini masih kalah dibandingkan dengan negara negara lain di kawasan Asia Tenggara.

"Berkaca dari hal itu, maka kita di Kota Padangpanjang ini akan menggalakan pengelolaan wakaf produktif yang nantinya bisa membantu para kaum dhuafa," katanya.

Dikatakan Nasrulah Nukman, agar pengelolaan wakaf produktif tersebut bisa dilakukan dengan baik, maka BWI Kota Padang Panjang selalu menyosialisasikan seputar wakaf produktif itu kepada seluruh elemen masyarakat. "Seperti yang kita lakukan saat ini kepada aparatur pemerintah mulai dari tingkat Kecamatan sampai ke Kelurahan dan sejumlah elemen masyarakat," paparnya.

Lanjutnya, metitik lemah pengelolaan wakaf selama ini pada kualitas sumber daya manusia dan masih minimnya sosialisasi. “Para nadzir atau pengelola wakaf yang profesional hanya berjumlah 30 persen, sementara 70 persen sisanya kurang profesional. Berdasarkan data ini wajar dalam pendayagunaan wakaf di Indonesia kurang produktif,” ujarnya.

Dibandingkan dengan Singapura yang penduduk muslimnya sangat kecil, pengelolaan wakafnya masih lebih besar dibandingkan Indonesia. “Masih tertinggal jauh,” ungkapnya. Dia juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar bisa memberikan dukungan kepada BWI demi terealisasinya wakaf produktif di Kota yang berjuluk "Serambi Mekah" itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BWI Kota Padang Panjang akan menggalakkan Pengelolaan Wakaf Produktif"

Post a Comment