Pemda Diharapkan Ikut Memajukan Perwakafan Nasional

Web Hosting




Jakarta, bimasislam?Untuk menyebarkan paradigm baru wakaf secara nasional, Subdit Penyuluhan dan Kerjasama Wakaf, Direktorat Pemberdayaan Wakaf, akan melakukan penyuluhan dan sosialisasi wakaf ke semua elemen masyarakat. Salah satu elemen penting yang perlu mendapatkan sosialisasi tentang perwakafan adalah pihak Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, Pemda memiliki peran sangat penting dalam memberdayakan dan mengembangkan perwakafan nasional. Apalagi sejak tahun 1999, pemerintah daerah diberikan otonomi penuh dalam mengelola wilayahnya masing-masing, kecuali beberapa bidang. Demikian dikatakan oleh Kasubdit Penyuluhan dan Kerjasama Wakaf, Drs. H. Muhajir Algadri, M. Si, ketika berbincang dengan bimasislam di ruang kerjanya (29/5).

Lebih lanjut ditegaskan, bahwa masih banyak masyarakat kita yang belum mengetahui tentang pentingnya mengembangkan wakaf di Indonesia. Sebagai negeri muslim terbesar dunia, Indonesia memiliki kekayaan wakaf yang sangat besar. Jika potensi besar tetapi SDM tidak memiliki kesadaran dan kemampuan dalam memberdayakan dan mengembangkannya, jelas ini merupakan sebuah ironi. Karena itu, program-program penyuluhan dan sosialisasi tentang wakaf akan terus dilakukan melalui berbagai media. Sasaran utama pada tahun 2012 ini selain Pemda adalah para pengurus Ormas Islam, Pimpinan Pondok Pesantren, Majelis Taklim, dan pihak-pihak yang lainnya di seluruh Indonesia.

Beberapa program yang selama ini dijalankan dalam bentuk pelatihan dan workshop terkait dengan: temu konsultasi; peluang kemitraan pemberdayaan wakaf produktif; pameran wakaf di arena MTQN XXIV di Ambon; pembuatan iklan layanan masyarakat dan talk-show melalui berbagai media elektonik dan cetak, penerbitan buku-buku, brosur, liflet, bahkan peraturan perundang-undangan dalam bahasa asing, yaitu Arab dan Inggris.

Satu hal yang menjadi program penting dalam sosialisasi wakaf adalah pembuatan iklan layanan masyarakat dan talk-show di media televisi dan radio secara nasional. Dengan program tersebut dinilai memiliki dampak yang bagus di tengah masyarakat. ?Setiap tahun, program kita mendapat tempat di tengah-tengah masyarakat. Orang yang dulunya tidak mengetahui apa itu wakaf, sekarang masalah wakaf telah menjadi isyu nasional, bahkan di beberapa daerah telah dicanangkan program pemberdayaan wakaf produktif dan uang?. Tutup Muhajir dalam obrolan dengan bimasislam. (bieb)

sumber:http://bimasislam.kemenag.go.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemda Diharapkan Ikut Memajukan Perwakafan Nasional"

Post a Comment